Rembang Memiliki Banyak Pelukis yang Produktif


Luqman saat melukis
Melukis merupakan salah satu hobby yang jika ditekuni akan menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan kota lainnya di Indonesia, di Rembang juga banyak bermunculan seniman kanvas ini. Salah satunya adalah Luqman Arizal. Pelukis yang berasal dari Pamotan-Rembang ini mulai menekuni hobbynya sejak dari bangku SLTP. Dengan bermodal bakat yang dimilikinya sejak kecil, lajang berusia 24 tahun ini telah menghasilkan ratusan lukisan.  
Salah satu lukisan karya Luqman

Ditanya soal harga lukisannya, pelukis aliran realism ini menyebutkan bahwa lukisannya pernah terjual dengan harga tertinggi 1 juta rupiah. Berbicara soal prospek pelukis di Rembang Luqman menyatakan bahwa sebenarnya prospeknya bagus, namun perlu mendapatkan beberapa pembenahan.
“Sayangnya di Rembang, masyarakatnya kurang begitu mengapresiasi sebuah lukisan”, itulah salah satu penyebab para pelukis di Rembang kurang begitu mendapat hati di mata masyarakat.
Faktor lain masih menurut Luqman adalah masih rendahnya perhatian pemerintah daerah terhadap seniman ini. “Perlu adanya event-event untuk mengekspose hasil lukisan para pelukis di Rembang sebagai media promosi", lanjut Luqman yang juga seorang petani ini.